Senin, November 28

Sumur Neraka Yaman & 5 Temuan di Dalamnya

Sumur neraka yaman (Sumur Barhout) atau yang biasa dijuluki Sumur dari Neraka, adalah sebuah sinkhole atau Dolin yang terletak di Al-Mahara, Yaman. Sumur ini memiliki “mulut” atau pintu masuk berbentuk bulat kira-kira sepanjang 30 meter pada permukaannya, dan memiliki kedalaman 600 Kaki atau sekitar 182 meter.

sumur neraka yaman
Google

Lembah Al-ahqof di kawasan Hadhramaut, Yaman, menyimpan misteri yang membuat bulu kuduk berdiri. Di kawasan ini terdapat lembah yang disebut dengan Lembah Barhut dan sebuah sumur yang disebut-sebut sebagai tempat keberadaan arwah orang-orang kafir dan para calon penghuni neraka dari
seluruh penduduk dunia.

Awalnya tak ada yang mengetahui usia sumur tersebut secara pasti. Namun, berdasarkan laporan AFP, sumur itu diyakini telah berusia jutaan tahun.

Banyak mitos lokal bermunculan di tengah masyarakat untuk menjelaskan ‘sumur neraka’ itu. Sebagian besar menggambarkan sumur sebagai penjara bagi jin.

Beberapa orang juga percaya bahwa sumur itu adalah lubang pembuangan yang bisa menarik orang terlalu dekat ke dalamnya. Sejumlah pihak mengklaim sumur tersebut adalah gunung berapi super yang mampu menghancurkan bumi.

Google

Lantas apa saja hasil temuan dari dasar ‘sumur neraka’ itu? Berikut ulasannya: 

1. Mata Air Murni

Mohammad Al Kindi bersama tim menemukan mata air murni yang segar di dasar gua. Padahal sumur ini dikenal dengan mitos sebagai gua’jahat’ dan airnya berbahaya untuk diminum.

“Kami bahkan minum satu botol penuh dan tidak ada yang terjadi pada kami!” ujar Kindi seperti dikutip dari Live Science.

2. Ular

Al Kindi juga mengatakan bahwa timnya tidak menemukan hal aneh dan tidak ada efek kutukan atau hal mengerikan lain seperti yang disebut-sebut penduduk setempat di dalam sumur itu. 

Ia bersama timnya hanya menemukan banyak ular selama 6 jam berada di dalam gua. “Mereka berkembang biak ketika tidak ada predator yang memakannya. Itu biasa,” kata Kindi. 

3. Air Terjun Kecil

Di lubang pembuangan itu, Al Kindi dan tim juga menemukan air yang muncul dari beberapa lubang di dinding gua sekitar 213 kaki atau 65 meter di bawah permukaan, kemudian menciptakan air terjun kecil.

4. Katak dan Kumbang

Mereka juga melaporkan melihat banyak katak dan kumbang di dalam gua.

5. Hewan Mati

Saat sampai di dasar gua, tim tidak hanya berjelajah. Mereka juga mengumpulkan sampel air, batu dan tanah serta beberapa hewan mati. Hewan mati yang ditemukan seperti burung yang tampaknya jatuh di dalam lubang.

“Kami mengumpulkan sampel air, batu, tanah, dan beberapa hewan mati tetapi belum dianalisis,” lanjut Kindi. 

Mitos Sumur Neraka Yaman
Menurut kantor berita internasional AFP, seperti dikutip dari Live Science, diperkirakan Sumur Barhut berusia jutaan tahun. Meski begitu, usia pastinya masih belum diketahui.

Oleh penduduk setempat, dasar Sumur Neraka diyakini dipenuhi jin dan merupakan pintu gerbang ke alam baka. Banyak mitos lokal lain juga yang beredar, tapi sebagian besar menggambarkannya sebagai penjara jin yang menyebabkan ketidakberuntungan.

Sebagian orang di sana percaya, jika terlalu dekat dengan lubang, maka Sumur Neraka bisa menarik orang masuk ke dalamnya. AFP juga mengatakan bahwa sejumlah orang menyebut lubang besar menganga ini adalah gunung berapi super yang dapat menghancurkan Bumi, tetapi tidak ada basis saintifik mendukung pernyataan ini.

Di masa lalu, orang-orang lokal melaporkan bau busuk yang menguar sehingga memicu cerita sebagai pintu gerbang menuju neraka.

Fakta Sumur Neraka Yaman
Pada kenyataannya, Sumur Barhut adalah lubang yang khas. Dalam surat kabar Oman Muscat Daily dikutip dari Live Science, ketika tim penjelajah OCET turun ke dalam gua, mereka mendarat di lantai gua yang tidak rata dan bergerigi karena tertutup stalagmit. Sebagian di antara stalagmit mencapai tinggi 9 meter.

Ada sejumlah bagian lantai yang juga tertutup mutiara gua yang merupakan jenis speleothems. Sementara, struktur di gua, seperti stalagmit dan stalaktitnya terbentuk dari penumpukan mineral, contohnya kalsium karbonat dan tetesan air.

Leslie Melim, ahli geologi Western Illinois University mengatakan, pembentukan mutiara gua jarang terjadi dan hanya bisa ada di bagian dasar gua yang benar-benar datar sehingga intinya tidak bergerak.

Pada faktanya, menurut Muscat Daily, tim OCET menemukan banyak hal menarik di dalamnya. Ada air yang muncul dari beberapa lubang di dinding gua yang berada sekitar 65 meter di bawah permukaan dan menciptakan air terjun mini. Melim menuturkan air terjun mini ini memberikan tetesan air untuk membentuk stalagmit, speleothem, dan mutiara gua.

Tentang Sumur Neraka di Yaman 

Google

Disebutkan bahwa saat orang-orang kafir dicabut nyawanya, malaikat membawa arwahnya menuju langit. Namun Allah SWT memerintahkan malaikat untuk melemparkan arwah itu di Sumur Barhut. Dan di sanalah arwah-arwah ini ditempatkan hingga kiamat tiba.

Informasi ini memang terdengar janggal karena urusan orang-orang yang telah meninggal dunia termasuk perkara ghaib Allah SWT. Sehingga terkesan seperti cerita mitos dan legenda. 

Tapi banyak orang memperbincangkan dan meyakininya. Bukan hanya orang-orang awam, bahkan para ulama pun memperbincangkan dan membahas Sumur Barhut ini. 

Diantara hadis dan atsar yang menginformasikan tentang telaga Barhut adalah hadis Marfu, berikut dari Ibnu Abbas:

“Sebaik-baik air diatas muka bumi ialah air zam-zam, ia adalah makanan yang mengenyangkan dan penawar bagi penyakit. Dan seburuk-buruk air di permukaan bumi ialah telaga Barhut di Hadramaut.”

Dari Atsar An-nas bin Malik radhiyallahu anhu menyampaikan “Ruh kaum beriman di tempatkan di Jabiyah. Dan ruh kafir ditempatkan di Hadramaut.”

Abdullah bin Umar mengatakan “Sesungguhnya kaum kafir dikumpulkan di Barhut, sebuah lembah di Hadramaut. Dan ruh mukmin di Jabiyah. Telaga Barhut ada di Yaman, dan Jabiyah ada di Syam.

Dari riwayat-riwayat di atas dapat disimpulkan sebagai berikut:

1. Telaga atau Sumur Barhut memang ada di muka bumi ini. Airnya ialah air yang seburuk-buruk di muka bumi.

2. Telaga Barhut ada di lembah Hadramaut.

3. Roh orang kafir setelah meninggal ditempatkan di Barhut, dan sebagaimana roh mukmin yang ditempatkan di Jabiyah, Syam.

Di dalam kitab Ar-Ruh fi al-Kalam ala Arwah al-Amwat wa al-Ahya’ miliki Ibnu al-Qayyim al-Jauziyah disebutkan bahwa Daumah adalah salah satu malaikat yang ditugaskan untuk menyiksa orang-orang kafir.

Disebutkan dalam kitab Al-Kabir bahwa sahabat Abdullah bin Abbas ra. meriwayatkan hadits dari Rasulullah Saw:

خير ماء على وجه الأرض ماء زمزم، فيه طعام الطعم وشفاء السقم، وشر ماء على وجه الأرض ماء بوادي برهوت بقية حضر موت كرجل الجراد من الهوام تصبح تتدفق وتمسي لا بلال فيها

“Sebaik-baik air di atas permukaan bumi ini adalah air zamzam, karena di dalamnya terdapat zat yang dapat mengenyangkan dan obat dari penyakit. Dan seburuk-buruk air di atas permukaan bumi adalah air dari sumur Barhut yang terletak di Hadramaut, seperti kumpulan belalang, yang pada pagi hari memancarkan air kemudian pada sore hari mengering hingga tidak terdapat berkas basah di atasnya.” (HR. Thabrani)

Dalam riwayat lain, Sayyidina Ali bin Abi Thalib ra. juga menuturkan tentang sumur Barhut:

شر وادٍ بين الناس وادي الأحقاف، هو واد بحضرموت يدعى برهوت، تلقى فيه أرواح الكفار، وخير واد وادي مكة، ووادٍ نزل به ادم بأرض الهند، وخير بئر في الناس بئر زمزم، وشر بئر في الناس بئر برهوت

“Sejelek-jelek lembah yang berada di tengah-tengah manusia ialah lembah Ahgaf, yaitu lembah yang terletak di Hadramaut dan sering disebut dengan nama Barhut. Di dalamnya arwah orang-orang kafir dikumpulkan. Sedangkan sebaik-baik lembah ialah lembah yang berada di Makkah, dan lembah yang ditempati Nabi Adam pertama kali (seusai turun ke dunia) di India. Dan sebaik-baik sumur di tengah-tengah manusia ialah sumur Zamzam, dan seburuk-buruk sumur di tengah-tengah manusia ialah sumur Barhut.”

أبغض بقعة في الأرض إلى الله واد يقال له برهوت فيه أرواح الكفار.

“Tempat yang paling Allah benci di muka bumi adalah sebuah lembah yang disebut sebagai Barhut, di dalamnya arwah orang-orang kafir dikumpulkan.”

Kemudian termasuk tanda kiamat antara lain kemunculan api dari Hadramaut yang akan menggiring manusia berkumpul ke suatu tempat. Para sahabat ra. bertanya kepada Rasulullah saw. perihal tempat yang harus dituju bila peristiwa itu terjadi. Beliau mengisyaratkan bahwa tempat yang paling aman adalah negeri Syam.

Selepas itu, Rasulullah saw. menerangkan lebih lanjut dengan mengatakan,

لَتَقْصِدَنَّكُمْ نَارٌ هِيَ الْيَوْمَ خَامِدَةٌ فِي وَادٍ يُقَالُ لَهُ: بَرْهُوتَ يَغْشَى النَّاسَ فِيهَا عَذَابٌ أَلِيمٌ تَأْكُلُ الْأَنْفُسَ وَالْأَمْوَالَ، تَدُورُ الدُّنْيَا كُلَّهَا فِي ثَمَانِيَةِ أَيَّامٍ، تَطِيرُ طَيْرَ الرِّيحِ وَالسَّحَابِ، حَرُّهَا بِاللَّيْلِ أَشَدُّ مِنْ حَرِّهَا بِالنَّهَارِ، وَلَهَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ دَوِيٌّ كَدَوِيِّ الرَّعْدِ الْقَاصِفِ. هِيَ مِنْ رُءُوسِ الْخَلَائِقِ أَدْنَى مِنَ الْعَرْشِ.

“Akan datang kepada kalian sebuah api yang saat ini masih padam, terletak di sebuah lembah yang disebut Barhut. Api itu akan menyelimuti  kalian dengan azab yang amat pedih, melenyapkan nyawa dan harta. Akan berkobar mengelilingi dunia selama delapan hari, menerbangkan burung-burung dan awan, suhunya akan terasa lebih panas pada malam hari dibanding siang hari, dan akan terdengar suara gemuruh petir serta halilintar di antara langit dan bumi. Ia berada di atas kepala para mahluk dan di bawah arasy.”(HR. Ibnu Asakir dan Thabrani)

Baca Juga : Mengenal Tempe dan 1 Kisah Inspiratif dari Seorang Penjual Tempe

Penulis :

B

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Apa itu RuangInspirasi.com ?

X