6 Jenis Skin care dan Fungsi nya Masing-Masing

6 Jenis Skin care dan Fungsi nya Masing-Masing

Menggunakan produk kecantikan seringkali menjadi hal yang cukup membingungkan, khususnya bagi pemula. Terlebih, sudah banyak produk kosmetik dan jenis treatment untuk berbagai jenis kulit.

Oleh karena itu, sebelum menggunakannya ketahui terlebih dulu jenis-jenis skin care dan fungsinya.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Produk Skin Care

Seiring dengan perkembangan zaman, ada berbagai jenis produk skin care di pasaran dengan berbagai manfaat yang berbeda. Namun, berbagai jenis skin care yang beredar ini justru membuat kita kebingungan untuk memilihnya.

Sebenarnya, treatment kulit wajah tidak perlu terlalu banyak agar mendapatkan manfaatnya. Terlebih bagi kalian yang masih pemula atau baru saja ingin melakukan perawatan rutin.

Hal yang harus diperhatikan pertama yaitu dengan mengetahui terlebih dahulu jenis kulit yang kalian miliki. Tahapan ini menjadi yang paling utama sebelum memulai daily skin care routine.

Karena setiap jenis kulit yang berbeda juga akan menentukan produk skincare paling tepat untuk melakukan perawatan wajah.

Misalnya saja jika kalian memiliki kulit kering, tentu produk yang dibutuhkan yaitu harus memiliki kandungan yang melembapkan lebih banyak. Hal ini akan berbeda dengan jenis wajah yang berminyak dan lain sebagainya.

Dengan memilih produk skin care yang tepat, hal tersebut dapat membantumu merawat kulit wajah dengan baik, sehingga bisa terhindar dari berbagai masalah kulit kering hingga penuaan dini yang dapat mengganggu penampilan.

Tentunya, kalian ingin punya kulit wajah yang sehat dan terawat bukan?

Oleh karena itu, tentukan terlebih dahulu jenis kulit yang dimiliki apakah kering, berminyak, sensitif, atau kombinasi. Kemudian pilih jenis-jenis skin care dan fungsinya.

Jika sudah mengetahui tipe kulit wajah yang dimiliki, maka akan memudahkan kalian untuk mengklasifikasikan produk mana yang cocok dan harus dihindari.

Saat ini sudah banyak produk yang memberi label dan keterangan pada kemasan mengenai kegunaan skin care tersebut. Sehingga, memudahkan kalian untuk mencari produk perawatan sesuai jenis kulit yang dimiliki.

Jenis-Jenis Skin Care

Bagi yang masih pemula dan belum mengetahui banyak tentang berbagai macam produk skin care dan apa saja fungsinyabisa melihat ulasan di bawah ini.

1. Facial Wash atau Pembersih Wajah

Google

Menurut studi tahun 2016 oleh National Library of Medicine, kunci dari rutinitas perawatan kulit yang efektif adalah pembersihan.

Untuk itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih produk pembersih wajah. Produk ini menjadi yang paling utama digunakan oleh para pemula.

Hal ini dikarenakan facial wash menjadi langkah paling dasar dalam merawat kulit. Intinya, sebelum menggunakan produk perawatan kulit lainnya, kalian wajib membersihkan wajah terlebih dahulu.

2. Produk Eksfoliator

Google

Selain pembersih wajah, kalian juga memerlukan eksfoliatorSkin care ini penting sebagai produk perawatan kulit wajah mingguan.

Produk ini berguna untuk meregenerasi kulit, dengan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah. Adanya penumpukan sel kulit mati ini bisa membuat wajah menjadi kusam.

3. Pelembap atau Moisturizer

Pinterest

Produk berikutnya yang sebaiknya dimiliki yaitu pelembap. Sebenarnya, semua jenis kulit memerlukan pelembap sebagai produk skin care.

Hal ini tak terkecuali pada kulit yang berminyak. Moisturizer sangat diperlukan untuk menghidrasi kulit serta mengunci kelembapannya agar tidak cepat hilang.

4. Serum

Pinterest

Serum menjadi produk perawatan wajah yang penting karena memiliki nutrisi yang dibutuhkan bagi kulit wajah. Penggunaan skin care ini memang tidak langsung memberikan efek dan hasil yang cepat.

Namun dengan pemakaian teratur, maka berbagai macam skin care dan fungsinya ini dapat dirasakan di kemudian hari.

5. Sun Protection

Pinterest

Apabila kalian menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, ada baiknya menggunakan tabir surya sebagai perlindungan setiap hari. Sun protection akan melindungi wajah dari matahari dan mengurangi radiasi sinar UVA dan UVB sampai ke permukaan kulit.

Pemakaian secara teratur juga dapat mencegah timbulnya kerutan serta flek hitam pada wajah. Tabir surya yang direkomendasikan untuk pemula yaitu memiliki kandungan SPF 30.

Bahkan jika aktivitas di luar ruangan cukup intensif, maka bisa menggunakan SPF yang lebih tinggi lagi. Dengan begitu, kulit wajah dapat terlindungi dengan aman dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

6. Masker / Face Mask

Pinterest

Tak hanya itu saja, masker wajah atau face maks juga penting untuk memberikan kulit nutrisi lebih baik dan membuat kulit menjadi kenyal. Saran, pemakaiannya bisa dilakukan secara rutin 1 sampai 3 kali  dalam seminggu.

Itulah beberapa macam produk-produk skin care dan fungsinya yang bisa kita ketahui. Dengan mengetahuinya, kita bisa menentukan produk perawatan wajah yang tepat sesuai kebutuhannya.

Baca Juga : Merasa Bosan di Rumah? Ini Dia 5 Rekomendasi Serial dan Film Netflix Terbaik Tahun 2022!

Penulis :

Bee

2 thoughts on “6 Jenis Skin care dan Fungsi nya Masing-Masing

Tinggalkan Balasan