2 Langkah Mudah Resep Tahu Aci Oleh-Oleh Khas Tegal

2 Langkah Mudah Resep Tahu Aci Oleh-Oleh Khas Tegal
Sumber : Cookpad.com

Resep Tahu Aci – Tahu aci merupakan salah satu jajanan yang berasal dari Kabupaten Tegal. Para wisatawan yang berasal dari luar kota, pastinya tidak akan pernah melewatkan untuk membeli jajanan yang satu ini. Biasanya tahu aci ini dijadikan sebagai makanan pendamping atau bisa menjadi cemilan yang selalu disuguhkan untuk tamu yang sedang berkunjung ke sanak saudara, bahkan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Biasanya pedagang akan menanyakan ingin di goreng secara matang atau setengah matang agar bisa lebih lama dalam perjalanan pulang.

Rasanya yang gurih dan kenyal sangat cocok dipadu-padankan dengan teh poci yang merupakan teh produksi dari Kabupaten Tegal. Saat ini tahu aci mulai dikenal oleh masyarakat dengan berbagai sebutan, salah satunya Tahu Walik atau Tahu Pletok. Sebelum kita bahas bagaimana cara membuat tahu aci, mari kita bahas asal muasal makanan tahu aci ini diciptakan.

Tahu Aci merupakan tahu khas dari Kabupaten Tegal, yaitu Slawi. Tahu Aci sangat mudah ditemukan di sepanjang jalan di Kabupaten Tegal. Para pedagang biasanya menjual menggunakan gerobak kaki lima maupun membuka toko sendiri. Biasanya para pedagang mulai menjajakan mulai pukul 8 pagi hingga malam hari.

Namun bagaimana cara pembuatan tahu aci tersebut? Oleh sebab itu mari kita bahas bagaimana cara pembuatan Tahu Aci.

Bahan – Bahan :

  • 10 buah tahu kuning
  • 6 sdm tepung sagu
  • 3 sdm tepung terigu
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 3 batang daun bawang, iris tipis
  • 90 ml air panas

Cara Membuat Aci :

  1. Siapkan wadah untuk mencampurkan bahan kering seperti tepung sagu, tepung terigu, penyedap rasa, lada bubuk, bawang putih, dan daun bawang.
  2. Tambahkan air panas sedikit demi sedikit dan aduk hingga adonan menjadi setengah basah.
  3. Kemudian sisihkan adonan.

Cara Membuat Tahu Aci :

  1. Potong tahu kuning menjadi 2 bagian, masing-masing berbentuk segitiga.
  2. Ambil sedikit adonan aci dan tempelkan ke bagian potongan tahu yang berwarna putih. Lakukan hingga semua adonan aci habis.
  3. Panaskan minyak goreng dan goreng tahu hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  4. Tahu siap di sajikan bersama dengan cabai rawit atau sambal kecap.

Itulah Resep Membuat Tahu Aci Tegal yang sangat istimewa dan begitu menggoda selera. Silahkan untuk buat dirumah sehingga anda tidak harus jauh-jauh datang ke daerah Tegal untuk menikmati tahu aci ini.

Baca juga : 6 Jenis Skin care dan Fungsi nya Masing-Masing

Penulis :

Kintan

Tinggalkan Balasan